Rabu, 09 Mei 2012

:MENGGANTI TEMPLATES BLOG


TIPS 04: CARA MENGGANTI TEMPLATES BLOG


Bagaimana cara mengganti template Blogger?


Sebenarnya tidak disarankan untuk terlalu sering mengganti template blogger. Yah tentu dengan beberapa alasan tertentu. Tetapi adakalanya memang anda harus mengganti template lama anda dengan yang lebih baik dan lebih sesuai dengan keinginan anda. Soalnya kalau kita tidak suka dengan template yang ada, mungkin agak malas kita mengupdate blog tersebut. Lain halnya bila menggunakan template yang memang kita suka, wah rasanya Lensa ini berisi informasi cara yang bisa anda ikuti kalau mau mengganti template di Blogger.  Silakan diikuti caranya. Mudah-mudahan bermanfaat, utamanya bagi blogger pemula. Kalau anda belum  mempunyai blog, silakan lihat petunjuk tentang Cara Membuat Blog.blogging menjadi lebih menyenangkan...

Template yang bagaimana yang anda cari? 

2 kolom? 3 kolom? Warna latar?

Saya pribadi suka menggunakan template yang berkolom 3. Soalnya tidak terlalu rame dan cukup ada ruang untuk menaruh widget-widget. Template berkolom 4 atau lebih, bagi saya, terlalu. Anda? Coba anda buka blog orang lain yang pake template 4 kolom, apakah anda suka? Kalau tidak berarti anda sama dengan saya. Bukan berarti template 4 kolom tidak bagus, lho. Banyak blog 4 kolom yang bagus. Tapi anda lihat pemilik blog seperti ini harus benar-benar siap mengisi blognya dengan baik menggunakan semua kolom yang ada. Kalau anda merasa bisa seperti itu, silakan...
2 kolom? Ah bagi saya terlalu simple dan nanti tidak cukup ruang bagi widget. Cukup sih, sebenarnya, cuma dengan 1 kolom sidebar berarti sidebar itu akan memanjang ke bawah kalau anda menambahkan banyak widget. Pembaca harus menscroll ke bawah kalau dia ingin melihat isi sidebar anda. Jadi? Yah tergantung masing-masing orang lah.



Lalu bagaimana dengan warna latar? Saya suka yang putih bersih. Kenapa? Yah netral dan gampang. Soalnya nanti tidak perlu banyak menyesuaikan warna latar. Misalnya ketika memasukkan adsense di sidebar yang warna latarnya putih maka akan lebih gampang karena tidak harus mengubah warna latar dari blok adsense itu. Kalau pake Google adsense, yah otomatis. Lain soal kalau warna latar yang anda pakai berwarna, apalagi kalau warnanya itu tidak umum. Kayaknya agak lebih sulit. Tetap bisa, cuman agak repot. Bayangkan misalnya kalau anda harus mengubah warna latar blok Google adsense menjadi orang kehitaman untuk menyesuikan dengan warna latar template anda. Belum lagi mengubah warna tulisannya supaya bisa match dengan warna latarnya. Kalau tidak maka adsense itu akan kelihatan tidak menarik.

Cara mencari template blogger

Bagaimana caranya?

Gampang kok dan straight away... Googling aja. Tapi masukkan kata kunci yang agak spesifik. Misalnya anda mencari template blogger yang berwarna putih dan berkolom 3 dan gratis (tentunya), maka di kotak Google, masukkan aja 'free 3 column blogger and white templates' atau 'free 3 column and white blogger skins'. Tekan enter dan biarkan Google mencarinya.
Cek hasil pencarian anda. Jangan lupa untuk preview dulu supaya bisa dapat gambaran seperti apa tampilan template tersebut. Penyedia template blogger yang baik pasti selalu dilengkapi dengan tombol 'live demo' atau 'preview'.
Jika sudah melihat previewnya dan anda merasa bahwa itu lah template yang anda cari dan ingin mencobanya, silakann download dan simpan di hard disk anda. Filenya bisa langsung .xml bisa juga ekstensinya .zip atau .rar. Nah kalau template yang didownload itu berekstensi, berarti nanti anda harus mengekstraknya. Isi file dalam .zip atau .rar itu biasanya adalah readme.txt yang merupakan penjelasan tentang template tersebut dan pasti selalu ada file .xml. Nah, yang nanti anda upload ketika menginstall template tersebut adalah file yang berekstensi .xml tadi.
Lalu bagaimana misalnya kalau anda melihat sebuah blog dan anda sangat tertarik dengan template yang digunakan oleh blog tersebut? Bisa kah anda menggunakan template tersebut untuk blog anda sendiri? Mungkin bisa. Caranya?

Pertama, anda harus pastikan bahwa blog tersebut dibuat di Blogger (bukan di platform lain semisal Wordpress atau Typepad atau yang lain).

Kedua, template yang dipakai itu gratis, karena ada juga template yang harus dibeli. Tapi kalau anda siap beli template, berari ini tidak menjadi masalah.

Ketiga, lihat di bagian bawah blog tadi, biasanya ada penjelasan tentang nama template yang digunakannya. Coba cari di Google dengan memasukkan nama template tersebut untuk melihat apakah ada yang menyediakannya untuk anda download.

Keempat, kalau toh template itu menggunakan Wordpress, coba cari adakah versi Blogger dari template tersebut? Banyak template yang awalnya dibuat untuk Wordpress tetapi kemudian dimodifikasi oleh orang untuk Blogger.

Kelima, kalau sudah ketemu maka anda download seperti dijelaskan di atas dan simpan di hard disk anda.

Important!

Cara Mengganti Template Blogger

Langsung aja...


1..Log in ke dashbord Blogger anda menggunakan akun Blogger atau Google anda
  



2.Pada windows Layout, klik Edit HTML tab.








3.Save dulu template lama yang anda pakai sekarang. Siapa tahu anda tidak suka dengan template baru itu, anda bisa kembali menggunakan template lama anda. Klik Download Full Template dan simpan file  template lama tersebut di hardisk anda




4.Klik Browse untuk mencari file template baru yang mau diinstall (yaitu dalam bentuk .xml) dan tekan tombol Upload jika sudah muncu di kotaknya. Tunggu sebentar.... Jika blog anda masih baru (masih sedikit posting dan widgetnya), prosesnya biasanya akan cepat dan template baru bisa diinstall dengan aman.

Tetapi, apakah anda dapat pesan seperti pada gambar di bawah ini? Anda tidak perlu panik! Itu artinya template baru yang sedang anda install itu tidak mempunyai widget yang ditunjukkan. Anda bisa  mempertahankan widget anda, tapi tampilannya mungkin akan kacau. Bagaimana kalau delete saja? Silakan, yang penting anda sudahbacked up semua widget sebagaimana disarankan di atas.


5Lakukan preview tampilan blog anda dengan template barunya. Bagaimana? 

  
6.Install ulang semua widget anda yang sudah anda save tadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar